" Hanyalah sebuah catatan kaki perjalanan menikmati coretan-coretan tuhan di alam indonesia ini.. mencoba memahami keagunganNya.. menikmati.. dan mengabadikan potongan kisah bersama para sahabat, rekan dan orang-orang yang terlibat didalamnya.. karena hal-hal seperti ini tak layak untuk dilupakan.. dan selalu indah untuk dikenang "

Lestari alamku..... Lestari Indonesiaku..... Lestari duniaku.....

Senin, 08 Februari 2010

kerinci

pagi yang cerah di daerah kayoe aro.. hmhmm.. sejuk seperti pagi hari dicicenang dengan hamparan luas kebun teh.. yap.. pagi itu aku tiba di desa kayu aro.. tempat dimana kami akan memulai pendakian ke gunung api tertinggi di indonesia.. kerinci.. 12 jam kami lalui perjalanan via travel dari jambi.. selepas makan di warung dan membeli logistik dipasar.. sedianya kita bersiap untuk berangkat.. kami start jam 10 pagi dari tugu macan..

tugu macan

dari tugu macan kita nebeng mobil bak sayur sekitar setengah jam ampe aspal terakhir.. lalu kita berjalan menuju pintu rimba.. oh ya.. tim pendakian kali ini terdiri dari 5 orang.. 3 orang cah palembang (anak pajarpala), 1 orang anak jambi (gitasada) dan satu lagi saya anak bandung (kmpa).. anak palembang sedang xpdc.. anak jambi sebagai guide dan saya sendiri tim hore.. hehe..

pintu rimba yg baru

dari kiri kekanan : adhon, firman, gabe, dan saya

dari pintu rimba ampe batu hijau kita lalui sekitar satu jam.. istirahat sejenak disini.. lalu dari batu hijau ampe shelter satu kurang lebih dua jam perjalanan baru sampai shelter satu.. dari shelter satu ampe shelter 2 jarak tempuh sekitar 2 setengah jam.. lalu kita sampai shelter 2 sekitar jam 5 sore.. hari itu dingin dan kita putuskan camp disini..
cuaca tak bersahabat malam itu ampe dini hari.. kita hanya buat tenda.. masak.. lalu masuk tenda.. brrr,,, dinginnya,, maknyus permirsa..subuh itu kita bergegas naik ke shelter 3 karena rencananya kita mau ngejar sunrise.. (jarak tempuh dari shekter 2 t4 camp kita ke shelter 3 sekitar 1 jam).. namun tak ayal sesampainya dishelter 3 cuaca buruk menghampiri.. hujan badai datang membuat kami memutuskan turun kembali ke camp.. sepanjang hari itu tak ada kegiatan berarti yg kami lakukan karena sepanjang hari itu juga kita tak melihat matahari.. hanya kabut.. kabut.. dan badai saja..
esok subuhnya kita ulangi lagi,, untungnya hari ini cukup cerah,,, bintang2 diatas memompa semangat kami.. kita laju ke shelter 3.. lalu terus ampe batas vegetasi.. dan mulai jalan bebatu nan berbahaya.. untungnya ada gorong2 di jalur itu.. kita dapati sunset tiba dijalur bebatuan ini yah.. istirahat sejenak dan ambil beberapa monent disini..

istirahat sejenak

sunrise dengan latar belakang danau gunung tujuh

setelah itu kami laju bergegas hingga tugu yudha.. kami sudah merasakan susahnya bernafas.. kabut menghampiri disertai asap belerang yang terhempas angin menyisir sepanjang jalur yang kita lewati membuat perjalana kami sedikit terhambat..
jujur saat itu aku ga tau apakah sanggup atau tidak.. setiap kali bernafas.. langsung batuk2.. belerang begitu menyengat,, padahal mulut sudah dibungkam oleh syal lapis 2.. akhirnya kita sampai tugu yudha.. tugu yg dibuat untuk menghormati seorang pendaki bernama yudha yg meninggal dit4 ini beberapa taun yang lalu.. dari tugu ini ampe puncak sekitar setengah jam lagi.. semangat kami tumbuh lagi melihat samar2 puncak kerinci dihadapan kami.. dengan susah payah.. akhirnya kami sampai di puncak kerinci.. t4 tertinggi seantero sumatera.. 3805 mdpl.. sekitar jam 7 pagi..

adhon mengumandangkan azan.. dan lainnya beristirahat sejenak mengatur nafas yg tersengal2..
tak lama kami menikmati puncak kerinci.. dengan mengambil beberapa gambar dalam kurun waktu 10 menit kami langsung turun kembali karena oksigen sudah mulai tipis lagi dan takut terjebak badai belerang..

cepat saja kami turun.. 2 jam kami sudah sampai batas vegetasi.. istirahat sejenak disitu sambil minum teh hangat dan lemonia cookies.. gabe dan peri ambil air dibawah.. setelah itu kami bergegas turun ke shelter 2 makan pagi disana sambil packing.. lalu bergegas turun.. sorenya kami sudah sampai di jalan aspal nan indah panorama kebun teh..
kerinci.. indah dan menantang.. miss u soon..