" Hanyalah sebuah catatan kaki perjalanan menikmati coretan-coretan tuhan di alam indonesia ini.. mencoba memahami keagunganNya.. menikmati.. dan mengabadikan potongan kisah bersama para sahabat, rekan dan orang-orang yang terlibat didalamnya.. karena hal-hal seperti ini tak layak untuk dilupakan.. dan selalu indah untuk dikenang "

Lestari alamku..... Lestari Indonesiaku..... Lestari duniaku.....

Minggu, 07 Februari 2010

wayang cave

pagi itu.. kami para trio caver kmpa berfoto didepan gerbang ITB.. yang ada jamnya biar klo orang liat foto ini tahu kami berangkat dari kampus jam berapa.. kita berangkat ke t4nya koko di bogor.

dari kiri ke kanan : arfan, wulan, cussy

esoknya, 8 maret 2008.. usai solat subuh, kita cabs dari t4nya koko dengan pamit terlebih dahulu dengan keluarganya ko2 setelah ngebungkus nasi buat sarapan kita.. perjalanan pagi itu indah sekali,, bukit2 karst, gunung halimun, kebun teh, pantai dll kami lewati. jam setengah sembilan kita sampai desa t4 lokasi yang dituju,, kita sarapan, prepare dan jam 9 tepat kita mulai bergerakmenuju lokasi target..

tak ayal, rupanya cus lupa jalannya (dulu dy yang survei lokasi bareng baim).. setelah lama muter2 akhirnya ada pemuda setempat bersedia mengantarkan kami..namun ternyata perjalanan menuju goa wayang tidak semudah yang aku kira.. kita mesti naik turun bukit,, nyusurin sungai, lewati sawah, nyebrang sungai (arusnya deras amat)… jam setengah 2 kita baru sampe lokasi.. kita langsung buat api, minuman hangat, dan makan biskuit dan buah2an makanan siang kam i di enterence sambil ngukur bentuk dan dimensi enterence.. maknyoss untuk menetrakan suhu badan kami yang kedinginan tadi.. cuaca saat itu gerimis.. setengah 3 teng kita mulai mapping..

aku shooter, sicuss stasioner merangkap fotografer penangkap biota, dan wulan descriptor.. ampe stasion 3 ada percabangan kekanan dan lurus kebawah.. kita ambil cabang kanan dulu namun Cuma ampe stasion 7 mentok… trus balik lagi kita ke stasion 3 lanjutin yang ke arah bawah.. hingga stasion 11 kita nemuin sungai bawah tanah nan luas namun berlumpur.. waow!! Selanjutnya Cuma aku dan cuss yang mapping.. siwulan nunggu distasion ini karena untuk menuju sungai itu perlu merangkak di bawah lumpur.. dan dia merasa kesulitan melewatinya.. sungai bawah tanah ini cukup lebar, kira2 5 meter dan tinggi airnya selututku.. kita berdua arungi sungai tersebut sambil mapping dan foto2 tentunya,,ternyata luas juga dan panjang.. dah sekitar 200 meter kita mapping belum ketemu jug ujung dr sungai bawah tanah ini.. sesaat aku lihat jam dan waktu itu sudah pukul 4.15 trus kita bedua mutusin cuma cukup xplore ampe disini melihat waktu sudah sore dan didinding terlihat bekas muka air sungai itu setinggi dada kami, kami takut klo2 air disungai bawah tanah ini berasal dari sungai yang diluar dan kondisi di luar sedang hujan..

yah kita cabs padahal dalam hati kecilku masih penasaran tentang ujung dari loron g bumi ini.. hiks.. selain mapping kita juga data biota juga loh.. ini salah satu biota yang tertangkap kamera

setelah beres2, mandi, solat,, kita evaluasi disalah satu rumah penduduk … suasana evaluasi awalnya tentram trus tiba2 langsung serius.. si berry dan doncoy memainkan peranannya sebagai bad boy dengan sangat baik.. hanya koko yang ikut bersama kami yang bisa menyelamatkan kami dari ganasnya pertanyaan-pertanyaan mereka.. namun sebenarnya satu keahlian ilmu kami yang paling menentukan saat itu.. yah,, ilmu ngeles.. hahahaha….

Abis evaluasi kita cabs.. nyampe dipelabuhan ratu kita mampir dulu dipondok seafood setelah sebelumnya kita kita2 berhasil bermain-main emosi dengan berry dan doncoy agar mau ntraktir makan malam.. hehehe.. misi kita berhasil lagi dan malam itu kita makan ikan besar sekali, cumi, cah kangkung, dll.. sambil merebahkan lelah disana..

Jam 11an. Doncoy,berry dan kanya cabut duluan kebandung biar bisa balikin mobil subuh2.. mobil sewaan.. kita lalu cabs tepat tengah malem menuju bogor.. dan menginap ditempanya koko lagi.. esoknya jam 10 kita cabs naek bus menuju bandung dan nyampe sore harinya disel..

Wayang cave.. see u next.. u’re so beautiful..