" Hanyalah sebuah catatan kaki perjalanan menikmati coretan-coretan tuhan di alam indonesia ini.. mencoba memahami keagunganNya.. menikmati.. dan mengabadikan potongan kisah bersama para sahabat, rekan dan orang-orang yang terlibat didalamnya.. karena hal-hal seperti ini tak layak untuk dilupakan.. dan selalu indah untuk dikenang "

Lestari alamku..... Lestari Indonesiaku..... Lestari duniaku.....

Minggu, 07 Februari 2010

ciremai

tak ada khayal tak ada ingin,, tepatnya seminggu setelah bermain2 di situ patenggang-kawah putih tercetus ide untuk naik ke gn.ciremai, gunung tertinggi di jawa barat!! yah tepat bersembilan (saya, koko, didik, yusni- cwonya rime, anna, rime, yostal, ria, dan wulan-tamu dari unsri) bergegas kesana.. berangkat kamis pagi jam 10 dari sel... @1 mei 2008

berdoa didepan sel sesaat sebelum berangkat, dilepas oleh pak de dan ka doncoy

setelah 5 jam lebih naek minibus jurusan bandung-cikijing.. akhirnya sampai juga kami di pasar maja jam stgh 4 sore.. istirahat sebentar disana dengan menyantap sate sambil membeli buah2an dan jajanan kecil. lalu kami naik colt buntung Rp 50.000 menuju kaki ciremai di desa dekat curug maja, tak terlihat ada orang dikantor desa kami pun memutuskan beranjak pergi yang pada intinya sampai target dipos satu. tak disangka koko lupa jalannya, terlebih sudah mulai gelap langitnya,, akhirnya kami putuskan camp dijalan dekat sumber air sekitar jam setengah 8 malem. langsung pasang tenda, makan, ngobrol2 lalu keadaan berubah hening saat rintik hujan tiba dan semua terlelap dalam mimpi..
hufhh..

esoknya setelah perut sudah terisi semua, dan semangat masih tinggi2nya kami putuskan start dari camp jam delapan lebih dini hari. sampai di pos 1 jam 9 pagi namanya pos perempuan lima, pas banget yah.. (yang naik dari tim kami kan 5 cewe, hehehe). disitu ketemu anak pa sma soreang, dua orang, kita minta garam secara kita lupa bawa, hehehe.. mumpung!!)

Perjalanan selanjutnya adalah ke pos- 5, hayu semangat..... akhirnya sampai juga di pos 5 ke tingginya dah 2800mdpl. Alias tinggal 300mdpl lagi. sudah terlihat angkuhnya ciremai berdiri tegak dimataku.. kami istirahat lagi. aku, koko dan yusni sudah mulai kecapean secara kami porter..

kami lanjutkan perjalanan dengan tujuan kami goa walet, kami berencana camp disana.. satu jam berlalu akhirnya kami sampai juga dilokasi. waw goa yang cukup besar!! cukup aman untuk tempat berlindung dari kedinginan, lokasinya kurang lebih 20 menit dari puncak ciremai..disana ada sebuah keluarga yang tinggal untuk beberapa hari di goa walet, kayaknya mereka percaya pesugihan gitu.. kami dirikan tenda, masak air hangat, lalu masak makanan berat.. hahaha laper euy...

>> goa walet

malam itu langit ciremai indah banar... banyak bintang dan kita mulai kubis2an dan sepet2an..
kami saling sindir satu sama lain soal cinta ( yang cupu, yang jago teori ga bisa prakteknya semua saling serang, RAME!!) menjadikan malam itu penuh cerita.. esoknya tim subuh (aku,koko,ria) naik ke puncak kejar sunrise.. cuma sayangnya tertutup awan.. tapi tak percuma kami ambil beberapa foto yang latarnya bener2 indah...

pagi itu aku sedikit termenung ditemani marsbrand ditangan.. aku singkirkan semua masalah, keresahan yang selama ini menyelimutiku dikota sana. disini.. di tempat ini.. pagi ini.. ciremai seraya menyapaku.. memberiku ketenangan hati.. aku sedikit bergeming..
mencoba sedikit mengucapkan hal yang bisa kuungkapkan..

aku..
serasa berada dipuncak awan
meninggalkan pandangan sempit & keresahan
berjalan menemui coretan tuhan
tuk sekedar memahami lebih tentang kehidupan..
dan kini..
seraya angin utara menghampiri..
menemani kesepian pagi
di puncak ciremai yang angkuh
membuat jiwa yang terpaku terbebaskan..
bebas..
dan benar benar bebas..
terima kasih tuhan..

setelah setengah jam kami berada dipuncak pagi itu.
kami kembali lagi ke camp.. disana yostal dan ka anna sedang buat sarapan.. kita sarapan pagi, packing dan bergegas naik ke puncak..
sebelum itu kami foto bareng dulu dengan 2 anak soreang yang ketemu di pos satu kemaren.. mereka sedang merayakan ultah PAnya..

lalu kami cabs, ke puncak sekitar jam 10an.. di puncak kami cukup lama.. berfoto2 ria,, cuaca sungguh mendukung.. tak terlalu panas dan tak hujan..

ini dy para pendekar penakluk ciremai

kawah ciremai nanluas

tri musketir

jam 12 kita putuskan turun.. cuma ternyata koko lupa lagi jalan turunnya. untungnya dulu gw anak GH, jadi tak susah jika sudah ada peta dan kompas ditangan.. kami mengitari lereng puncak ciremai hingga setengahnya lalu kita turun dengan jalur yang berbeda dengan kemaren..
jam 1 kita mulai turun.. awalnya cepat karena masih fresh.. jalur ini cukup curam tapi tampaknya lebih cepat tracknya dari kemaren.. beberapa pos kita lewati hingga jam stgh 5 kita istirahat. k' ana bilang kalaw kakinya sakit, awan juga mulai gelap lagi. kata Koko c bentar lagi tempat ngecamp nya jadi nanggung kalaw kita harus berenti sekarang. Yawdah, akhirnya, kita mutusin untuk terus jalan.

Perjalanan kita juga mulai gak terarah. hari mulai gelap, padahal senter kita kurang. Yang cewe'- cewe juga dah pada tepar semwa. carrier k ana dibawain sama k' didik, pokoknya parah banget deh. carir ka rime dibawain yusni, koko kakinya sakit, aku menopang ka anna jalan yang pahanya sudah gemetaran, Air juga semakin tipis, yang tersisa cuma air yang dari goa, dan rasanya emang aneh, sampe si wulan gak maw minum, dan menambah kelesuan kita. hahaha....banyak pohon- pohon tumbang, ada yang karena tumbang, ada yang karena ditebang, menghambat perjalanan kita. harus muterlah, beginilah. ho...makin gak jelas...senter juga sudah mulai habis batere.. sampe tengah malem belum nyampe2. akhirnya kitanyerah karena emang gak memungkinkan lagi keadaannya. Tapi, kayanya emang udah deket. pinus- pinus mulai muncul, n cahaya juga dah mulai keliatan dekat. tapi, kita dah gak sanggup.

Gw n koko bergerak ke bawah bwt ngambil air, dan gw ngalamin peristiwa mistis di masjid tempat ngambil air. ada wangi semerbak mistis yang cukup membuat gw cukup ketakutan. yang lain tungguin di tengah jalan tadi sambil tidur2an melepas lelah.. gw bawa air duluan keatas, koko gw tinggal dibawah, jalannya pelan karena kakinya kesakitan jadi gw tinggal karena takut yang diatas pada dehidrasi, gw naek tanpa senter.. untungnya gw sedikit hapal jalan dan cahaya rembulan remang2 menemaniku. disusul koko, dengan kesakitan, karena kakinya luka. setelah semua minum dan sedikit makan coklat punya yostal kita mutusin turun sebentar ke pinus2 cari tempat datar buat ngecamp. ria n wulan tetep ja bercanda- canda. hebat!!! yang lain dah murung. hahaha.. banyak cerita jug perjalanan kali ini pikirku..

Ada sedikit konflik dalam memilih tempat ngecamp. tapi it's OK. parah...kita baru makan jam 3 pagi. indomie pula. setelah itu, kita tidur. hoho...akhirnya....

jam 10, kita mulai pada bangun. Bersiap maw pulang ke peradaban. gw cinta peradaban. Cinta gunung juga, cinta semuanya deh. hehehe..... sebelumnya, kita makan dulu, soalnya kita laper, n warung- warung di bawah, tutup semwa. Setelah beres- beres, kita jam 1 baru bergerak turun ke desa terakhir. hoho....sawah- sawah terhampar luas. dan kita ke linggarjati. Awalnya, kita mw ke museum tapi gak jadi, dah sore. kita langsung ke terminal Cirebon. makan,cuci muka, gosok gigi.

Cirebon....panas bangetttt!!!! n gak banggeeeetttt....!!! kata anak2. gw cuma bisa diem secara ini kota gue dari lahir ampe sma. Jam 4 kita naek bus ke bandung. Bandung...miss u...!!! dan akhirnya kaki ini kembali menginjakkan kaki di Sel tepat minggu 4 mei 2008 jam 10 malem .

sekali lagi terima kasih tuhan..
terima kasih ciremai..
terima kasih kawan..
dan terima kasih untuk semua momentnya..